Beasiswa/Bantuan Keuangan FEB-UHAMKA

Untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB-UHAMKA), memberikan beasiswa/bantuan keuangan melalui beberapa jenis scholarship yang, di antaranya dinisbatkan kepada para tokoh pemikir Muslim paling berpengaruh, dan diorientasikan berdasarkan rencana strategis (renstra) fakultas, yakni:

1.    Khawarizmi Scholarship

0khawarizmiKhawarizmi Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS selama satu semester. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa  yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL ≥ 450) yang dibuktikan dengan sertifikat resmi dan berhasil meraih nilai A ( ≥ 80) untuk semua mata kuliah berikut:

  1. Matematika Ekonomi dan Bisnis.
  2. Statistika Ekonomi dan Bisnis 1.
  3. Pengantar Akuntansi (1 & 2).

2.    Averroes Scholarship

AverroesAverroes Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS selama satu semester. Beasiswa ini diberikan kepada aktivis mahasiswa pengurus organisasi/lembaga/unit kegiatan mahasiswa (IMM, DPM, BEM, HIMA) yang berhasil meraih indeks prestasi kumulatif (IPK ≥ 3,40). Di samping itu, mahasiswa yang bersangkutan  memiliki kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL ≥ 475) yang dibuktikan dengan sertifikat resmi dan berhasil meraih nilai A ( ≥ 80) untuk semua mata kuliah berikut:

  1. Statistika Ekonomi dan Bisnis 2
  2. Mikroekonomika.
  3. Manajemen Keuangan (1 & 2).
  4. Akuntansi Biaya.
  5. Kewirausahaan dan Koperasi.

3.    Khaldun Scholarship

ibnu-khaldun-uhamkaKhaldun Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS selama satu semester. Beasiswa ini diberikan kepada aktivis mahasiswa pengurus organisasi/lembaga/unit kegiatan mahasiswa (IMM, DPM, BEM, HIMA) yang berhasil meraih indeks prestasi kumulatif (IPK ≥ 3,50). Di samping itu, mahasiswa yang bersangkutan  memiliki kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL ≥ 510) yang dibuktikan dengan sertifikat resmi dan berhasil meraih nilai A ( ≥ 80) untuk mata kuliah Ekonometrika.

4.    Buya Hamka Scholarship

Buya Hamka Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS secara parsial bagi mahasiswa yang berhasil menulis/memuat karya tulisnya  di koran nasional serta terlibat aktif menjadi tutor jurnalistik/penulisan ilmiah popular pada unit kegiatan mahasiswa Kelompok Studi Mahasiswa (UHAMKA Business Studies Club).

hamka-uhamka

5.    Young Entrepreneur Scholarship

Mark-Zuckerberg-uhamkaYoung Entrepreneur Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS selama satu semester. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berhasil memenangkan/menjuarai kompetisi antar mahasiswa di bidang Business Plan tingkat nasional dan sukses mendapatkan sponsorship dari perusahaan/organisasi mitra untuk merintis bisnis (start-up).

6.    Almaun Tutor Scholarship

D09131EC-6ACA-4ADB-A116-B2E90F8A9518_w640_r1_sAlmaun Tutor Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS secara parsial bagi mahasiswa yang terlibat aktif menjadi tutor, terutama untuk beberapa mata kuliah kunci kompetensi dan bahasa Inggris serta baca tulis Al-Qur’an, pada unit kegiatan mahasiswa Kelompok Studi Mahasiswa (UHAMKA Business Studies Club).

7.    Academic Achievement Scholarship

urlAcademic Achievement Scholarship merupakan beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah SKS secara parsial selama satu semester bagi mahasiswa yang berhasil mendapatkan indeks prestasi semester (IPS) tertinggi di masing-masing program studi.

8.    Dean’s List

desansMerupakan inisiatif pimpinan fakultas dalam memberikan motivasi dan apresiasi berupa beasiswa/keringanan biaya kuliah kepada mahasiswa yang telah menunjukan prestasi nyata di bidang akademik maupun non-akademik sehingga  memberi citra baik bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA.

9.    UHAMKA Fellowship

logoMerupakan beasiswa penuh atau parsial (bergantung hasil seleksi) untuk memberikan kesempatan yang luas bagi siswa-siswa SMA/SMK/MAN dan sederajat yang memiliki bakat dan prestasi di luar kemampuan akademis, tetapi memiliki minat dan motivasi yang kuat dalam bidang bisnis, marketing, akuntansi, perpajakan dan kewirausahaan untuk memperoleh jenjang pendidikan tinggi (S1 dan D3) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA.