IMM Leadership Projects

IMM Leadership Project digagas oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB-UHAMKA) pada 14 Maret 2014. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi mahasiswa dan alumni  yang tergabung dalam IMM tingkat komisariat FEB-UHAMKA agar mampu berperan secara efektif  sebagai AMM dalam konteks nasional maupun internasional. IMM Leadership Project diimpikan untuk menjadi fasilitator kepemimpinan mahasiswa dalam artian yang sebenarnya.

IMM Leadership Project diprioritaskan  bagi aktivis  mahasiswa yang memiliki bakat kepemimpinan, keunggulan akademik, dan cakap dalam berbahasa Inggris maupun bahasa internasional lainnya.Seleksi dilakukan oleh FEB-UHAMKA dengan mempertimbangkan rekomendasi dari pimpinan IMM dan/atau pimpinan persyarikatan Muhammadiyah.

Tahun 2014 adalah tahun yang paling menentukan nasib Indonesia terkait dalam cara kita berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Ketika hampir seluruh media massa cetak maupun elektronik sudah mulai sungkan dan tumpul dalam mengabarkan suara hati nurani masyarakat, dan hanya semakin menyodorkan perkara artifisial bukan faktual, maka generasi muda Indonesia harus bersiap diri dan berani mengambil peran strategis.

Sejak zaman perjuangan kemerdekaan, konsep tentang Indonesia telah dilontarkan dari kalangan anak muda, yakni mahasiswa. Generasi pendahulu negeri ini, sebagaimana pula dilanjutklan oleh generasi Bung Karno dan Bung Hatta, mereka  bukan hanya menggagas tentang Indonesia melainkan terutama berjuang untuk mewujudkannya.  Dari sinilah kader-kader kepemimpinan nasional muncul. Tetapi sekarang, suka dan tidak suka, kualitas  kepemimpinan nasional agaknya semakin jauh dari kualitas generasi perintis tersebut, terutama dari standar moral dan intelektual.

IMM Leadership Project muncul sebagai jawaban kongkret atas keterbelakangan intelektual, sosial, dan ekonomi kalangan generasi muda Indonesia ketika dihadapkan pada tantangan nasional, regional maupun global.  Pada tahap pertama atau permulaan, mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas IMM Leadership Project diharapkan mampu menjadi pelopor pelangsung dan penyempurna program/kegiatan Kelas Unggul serta hubungan dan kerja sama luar negeri FEB-UHAMKA.

Pada tahap kedua, mahasiswa  yang bersangkutan akan dibimbing dan diarahkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri dengan beasiswa mitra/ eksternal.  Seluruh biaya selama persiapan hingga memperoleh beasiswa mitra/ekternal dibiayai sepenuhnya oleh FEB-UHAMKA. Tahap ketiga, merupakan tahapan pengabdian di FEB-UHAMKA selama 4 (empat) tahun dan sekaligus untuk mempersiapkan studi lanjut  menyelesaikan program PhD dengan beasiswa mitra/eksternal.

Informasi pendaftaran dan seleksi IMM Leadership Project akan dimumkan lebih lanjut pada bulan September 2014 melalui www.feb.uhamka.ac.id.

NETWORKING

http://oisaa.net/

http://isjournal.org/index.php

http://radioppidunia.org/

http://www.diasporaindonesia.org/

 

Beasiswa pada Website PPI

JEPANG

http://beasiswa.ppijepang.org/

http://www.studyjapan.go.jp/in/index.html

http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

http://ppijepang.org/

JERMAN

PPI Pusat Jerman : http://www.ppijerman.de/
PPI Bochum-Dortmund : http://www.ppibochumdortmund.de/
PPI Duisburg-Essen : http://ppi-duisburg-essen.org/
PPI Göttingen : http://www.ppi-goettingen.de/
PPI Hannover : http://www.ppi-hannover.de/
PPI Karlsruhe : http://www.stud.uni-karlsruhe.de/~ppi/
PPI Köln : http://www.ppikoeln.de

PPI Aachen: http://www.ppi-aachen.de

AFRIKA

Mesir : http://www.ppmimesir.com

AMERIKA

Kanada : http://www.geocities.com/permika2002
USA : http://www.permias.org

ASIA

India : http://www.ppi-india.uni.cc
Jepang : http://www.ppi-jepang.org
Malaysia
: http://www.ppiweb.org

AUSTRALIA

Australia : http://www.ppi-australia.org
New Zealand : http://ppi-auckland.tripod.com

EROPA

Austria : http://members.tripod.com/~forsia/
Belgia : http://www.kuleuven.ac.be/ppi.leuven
Prancis : http://www.ppiprancis.com
Belanda : http://www.netherlandsembassy.or.id/html/nec-ppi.cfm
Swiss : http://members.tripod.com/ppiswiss