Kurikulum

Menyadari semakin kompetitifnya dunia kerja dan dunia bisnis, maka kurikulum FEB UHAMKA berusaha mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Perguruan Tinggi No. 12, Tahun 2012, Pasal 29. Untuk mencapai standar kompetensi tersebut, sebagai output konkret dari pelaksanaan perkuliahan berbasis penjaminan mutu (Quality Assurance), secara periodik konten kurikulum FEB UHAMKA juga senantiasa dikaji-ulang (review) sebagai bentuk tanggung jawab moral pada mahasiswa, pengguna lulusan,  dan masyarakat (stakeholder). Salah satu hasil review tersebut adalah menghilangkan matakuliah/konten matakuliah yang kurang relevan dan menggantinya dengan matakuliah/konten matakuliah yang lebih relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, kebutuhan dunia kerja dan dunia bisnis.

Oleh karena itu, kurikulum FEB UHAMKA didesain untuk menyeimbangkan pengetahuan teoretis dan praktis serta memadukan hard skills dan soft skills dalam konteks keislaman dan keindonesiaan dengan wawasan global. Selama kuliah, mahasiswa dibekali pengetahuan ekonomi dan bisnis serta didorong untuk mengembangkan talenta di bidang akuntansi, perpajakan, manajemen keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia, dan kewirausahaan.  Untuk mendukung pencapaian karir ini, mahasiswa diberi kesempatan memilih berbagai disiplin ilmu tersebut sesuai dengan minatnya.

Di samping itu, struktur kurikulum memungkinkan  bagi mahasiswa yang berkemampuan untuk menyelesaikan studinya dengan tepat waktu, bahkan lebih cepat melalui Program “Kelas Unggul” (Persiapan Kelas Internasional). Mulai Tahun Akademik 2013-2014, seluruh proses akademik mahasiswa menjadi lebih fokus kepada pencapaian standar kompetensi. Untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) dari FEB UHAMKA, jumlah SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa adalah sebanyak 147 SKS, yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3,5 sampai 4 tahun. Sedangkan untuk memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md.) pada program diploma tiga (D-III) sebanyak 117 SKS, dan dapat diselesaikan dalam waktu lebih kurang 3 tahun.

Struktur kurikulum FEB UHAMKA pada setiap program studi dapat dikelompokkan dalam rumpun mata kuliah sebagai berikut:

  1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK).
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB).
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB).
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Sedangkan distribusi mata kuliah pada setiap program studi yang diasuh oleh FEB UHAMKA sepenuhnya dikelola oleh masing-masing Program Studi.