Laboratorium Bisnis & Manajemen

FEB-UHAMKA: More than just a degree

Kecakapan apa yang sangat berpengaruh dalam membentuk watak pemimpin yang berjiwa entrepreneur? Sebagai konsekuensi logis dari perubahan nama fakultas, maka pada pertengahan tahun 2013 prodi Manajemen membuka konsentrasi Manajemen Bisnis & Kewirausahaan.  Selanjutnya, untuk mendukung pencapaian visi, dan bukan hanya sekedar perubahan nama, maka di awal tahun 2014 dibentuklah Laboratorium Bisnis & Manajemen-Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (LBM FEB-UHAMKA). Konsep laboratorium terbaru di lingkungan fakultas ini berbeda dengan laboratorium yang telah lebih dulu berdiri, yakni Lab Komputasi dan Lab Keuangan & Pasar Modal (Galeri Investasi).

Lalu, apa bedanya? Bila kita mendengar kata laboratorium, maka pikiran kita langsung berada pada seperangkat  fasilitas pembelajaran  fisik di kampus.  Ambisi kami dalam membangun Laboratorim Bisnis & Manajemen FEB-UHAMKA, diarahkan untuk mampu melampaui pemahaman fasilitas fisik pembelajaran semacam itu. Ambisi kami dengan konsep laboratorium ini adalah sebagai wahana  kerja sama antara perguruan tinggi (fakultas), pemerintah, dan dunia bisnis/industri.  Tujuannya adalah agar seluruh komunitas akademik, terutama dosen dan mahasiswa, dapat terlibat langsung dalam penyiapan kepemimpinan bisnis, kewirausahaan, dan penguatan komunitas dan/atau masyarakat.

Melalui Laboratorim Bisnis & Manajemen FEB-UHAMKA, keterlibatan dosen dapat berupa kegiatan  konsultasi bisnis, penelitian, atau pun pengabdian kepada masyarakat.  Sedangkan bagi mahasiswa, di samping merupakan pengayaan mata kuliah Kewirausahaan & Koperasi,  adanya laboratorium ini dapat pula meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran melalui kegiatan  praktik magang, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PkM) atau pun praktik kewirausahaan. Di samping  secara khusus, mahasiswa dapat  mengaplikasikan ide-ide kreatif dan mempraktikkan keterampilan bisnis (business skills). Dengan kata lain,  Laboratorium  Bisnis & Manajemen dimaksudkan  untuk mengasah kemampuan  kepemimpinan, kerja tim, membangun keterampilan bisnis dan  network serta hubungan intra-interpersonal  yang sangat diperlukan dalam membangun usaha/bisnis.

Dengan adanya laboratorium ini, maka perkuliahan Kewirausahaan & Koperasi sebagai kurikulum wajib bagi seluruh mahasiswa, baik program sarjana (S1) maupun vokasi (D3), dan khususnya bagi mahasiswa yang memilih konsentrasi Manajemen Bisnis & Kewirausahaan, diharapkan dapat berjalan secara optimal. Mengapa optimal? Karena meskipun bernama laboratorium, proses pembelajaran yang dilakukan di sini bukan sekedar praktikum (praktik di dalam lab), melainkan terutama adalah praktik nyata di lapangan bisnis, the real business.
Tujuan

  1. Mengaplikasikan ide-ide kreatif dan mempraktikkan keterampilan bisnis (business skills) serta kepemimpinan sebagai persiapan bagi mahasiswa dalam merintis bisnis (start-up).
  2. Memfasilitasi penelitian terapan yang bermutu bagi dosen dan mahasiswa sehingga mendukung pengembangan pengajaran Manajemen Bisnis & Kewirausahaan.
  3. Memfasilitasi mahasiswa, terutama yang mengambil konsentrasi Manajemen Bisnis & Kewirausahaan, untuk menghasilkan karya akhir yang langsung dapat dipraktikan dan dikembangkan.