HIMA

HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HIMA)

 Profil Umum

Himpunan Mahasiswa pada tingkat program studi (HIMA) di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB-UHAMKA) merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakatnya, baik secara akademik maupun sosial, melalui beragam aktivitas kemahasiswaan yang berada dalam kewenangan Keluarga Mahasiswa (KMF).  Secara singkat, HIMA bertanggung jawab terhadap dua hal pokok ini:

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan keilmuan, penalaran, wawasan, dan  pengembangan kemampuan profesional mahasiswa.
  2. Mengembangkan wawasan dan kecerdasan intelektual pada bidang keilmuan yang sesuai dengan jurusan/program studi.

Fokus Program Kegiatan

Untuk mencapai maksud dan tujuan secara efektif serta optimal, HIMA di lingkungan FEB-UHAMKA berfokus pada program kegiatan yang mampu menarik minat bagi mahasiswa dalam pengembangan akademik, kemampuan bernalar, dan kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan.

Partisipasipatif & Kolaboratif  

HIMA, baik di program studi Manajemen maupun di Akuntansi dan Perpajakan, mereka sering terlibat dalam kegiatan kolaboratif. Kegiatan semacam ini dilaksanakan terutama ketika mereka menghadapi tantangan yang sama. Misalnya, ketika harus berpartisipasi dalam program kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus lain. Dalam kompetisi Business Plan maupun kompetisi Entrepreneurship antar mahasiswa yang diselenggarakan di berbagai universitas PTN & PTS di Indonesia, di mana dibutuhkan pendekatan yang sinergis antar bidang (Keuangan, Marketing, SDM, Akuntansi, Perpajakan, dll), maka HIMA terlihat sangat serius dan kompak.  

Hasilnya, meskipun tidak sampai memperoleh predikat juara pertama, setidaknya HIMA kita mampu bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi yang dianggap papan atas. Di samping itu, hikmahnya adalah mahasiswa terlatih dalam berkomunikasi dan presentasi, mengemukakan dan menulis gagasan dengan bernalar secara benar. Jangan lupa, dengan mengikuti kegiatan semacam itu mahasiswa juga berlatih dalam bekerja sama dan, ini kata salah seorang mahasiswa yang juga peserta English Club,  kegiatan  tersebut juga merupakan kesempatan aktualisasi diri ‘cuap-cuap’ dalam berbahasa Inggris. Keren kan?

Di samping  itu, HIMA bersama BEMF, aktif pula mengikuti berbagai kompetisi antar mahasiswa lainnya, juga workshop, seminar, pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, jurnalistik, dan analisis sosial untuk menambah wawasan. Beberapa kampus yang pernah dikunjungi HIMA untuk berbagai kegiatan tersebut antara lain: ITB, UI, UII, UMM, STAN, UPH, UK Petra, Atmajaya, dll.

 

HIMPUNAN MAHASISWA MANAJEMEN

 himamanajemenfeb

Informasi

Ketua                          : Muhammad Firmansyah

Foto                             :

Tanggal Berdiri           : 14 Maret 2001

Alamat Sekretariat      : Gedung FEB UHAMKA

Blog                            :

Contact Person            :

———————————————————————————————————————————————–

HIMPUNAN MAHASISWA AKUNTANSI  & PERPAJAKAN

 

Informasi

Ketua                          : Nur Muhammad Majid Usrial

Foto                             :

Tanggal Berdiri           : 14 Maret 2001

Alamat Sekretariat      : Gedung FEB UHAMKA

Blog                            :

Contact Person            :

———————————————————————————————————————————————–

Catatan: Lembaga kemahasiswaan ini ketika didirikan bernama HIMA Akuntansi.  Tetapi sejak 7 November 2007, HIMA Akuntansi secara aktual juga menjadi wadah aktivitas kemahasiswaan bagi mahasiswa Program Pendidikan Vokasi D3 Akuntansi dan Perpajakan. Maksud penggabungan ini, menurut pengurus HIMA dan juga disetujui oleh Kaprodi ketika itu,  agar terjadi sinergi sosial serta pengayaan wawasan baik akademik maupun non-akademik. Setuju…!