Pengantar Dekan

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Mengapa FEB UHAMKA? Gelar sarjana boleh persis sama, tetapi integritas dan kompetensi boleh jadi berbeda. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB UHAMKA) dibandingkan dengan fakultas yang sama pada universitas lain, memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. Sejalan dengan visi dan misi persyarikatan Muhammadiyah (berdiri 1912) yang berwatak keislaman dan keindonesiaan, proses pendidikan berorientasi pada pengembangan karakter dan penguasaan ilmu pengetahuan serta keterampilan agar setiap lulusannya memiliki kompetensi dan integritas.

Sejak berdiri pada tahun 1997, FEB UHAMKA telah bertekad menjadikan fakultas yang berbeda dan terpercaya. Perbedaan tersebut diaktualisasikan terutama dalam proses pendidikan karakter untuk mewujudkan insan cerdas dan berakhlak dengan wawasan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan. Kami percaya bahwa pendidikan adalah cara terbaik untuk melakukan regenerasi. Saat ini, Indonesia membutuhkan lebih banyak kaum muda berpendidikan tinggi yang memiliki integritas, jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan berbasis masyarakat.

Hakekat pendidikan adalah pembentukan insani (formatio humana). Oleh karena itu, pengembangan kultur akademik di lingkungan FEB UHAMKA telah dipilih sebagai program prioritas. Prinsip dasar sebagai lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan ilmiah berdasarkan akhlakul karimah telah dirintis sejak awal dan ditradisikan melalui periode kepemimpinan fakultas. Pilihan ini telah meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholder), terutama dari orang tua mahasiswa, kalangan pengusaha, dan pemerintah terhadap lulusan dan tata kelola perguruan tinggi. Dengan jaringan alumni yang telah tersebar di berbagai industri dan profesi, menjadikan FEB UHAMKA semakin terpacu dalam mewujudkan lulusan yang cerdas dan berakhlak mulia.

Akhirul kalam, teriring do’a selamat bergabung untuk generasi Indonesia yang lebih baik. Sebuah generasi baru yang berbudaya serta memiliki kekuatan visi dan inovasi. Amin.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.