HIMA Studies Club (Tutoring/Mentoring)

     Kesuksesan meraih prestasi dalam studi tidak hanya ditentukan oleh dosen dan dukungan fasilitas fisik lainnya. Menurut para ahli pendidikan tinggi, mutu dan kesuksesan studi sangat ditentukan oleh sejauh mana mahasiswa terlibat dalam proses pembelajaran. Menyadari pentingnya keterlibatan (engagement) tersebut, pimpinan FEB-UHAMKA memberikan dukungan sepenuhnya terhadap aktivitas mahasiswa dalam belajar untuk meraih prestasi yang tinggi.

     Belajar tidak hanya terbatas pada perkuliahan di ruang kelas, tetapi bisa di mana saja dan kapan saja asalkan kita mau! Oleh karena itu, HIMA (Himpunan Mahasiswa) di seluruh  program studi bertekad melakukan kolaborasi program kegiatan belajar kelompok melalui HIMA Studies Club. Fokus kami jelas, meraih pretasi yang tinggi! Untuk itu, tersedia dua jenis kegiatan belajar kelompok, yakni tutoring dan mentoring.

TUTORING

     Fokus kelompok studi (tutoring) ini adalah untuk mencapai penguasaan dan prestasi yang  tinggi terhadap beberapa mata kuliah  maupun pengetahuan yang sedang berkembang dan dianggap penting, yakni:  Islamic Economics (Banking/Accounting),  Business Management & Marketing,  Finance, Accounting & Taxation,  Econometrics,  English dan Mandarin.

    Tutoring merupakan tempat atau wadah bagi mahasiswa untuk belajar dengan sesama mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang sama. Dalam kegiatan tutoring, dapat juga mahasiswa belajar bersama dengan mahasiswa yang telah lulus mata kuliah tersebut.

       Bagi mahasiswa penerima beasiswa kategori prestasi akademik, HIMA Studies Club mengucapkan terima kasih atas bantuan Anda dalam kegiatan belajar bersama, baik melalui kegiatan asistensi, pengayaan maupun belajar kelompok atas inisiatif masing-masing mahasiswa. Sebab, usaha apa pun dalam meraih prestasi belajar, merupakan sumbangan nyata bagi terciptanya kader-kader HIMA yang berkualitas di masa mendatang. Thanks.

 

MENTORING

      Adalah program kegiatan yang lahir atas prakarsa beberapa alumni dalam  “Silaturahim Alumni Kelas Unggul FEB-UHAMKA” yang diselenggarakan pada 22 Februari 2014. Maksud dan tujuannya adalah untuk mengundang siapa saja dari seluruh alumni FEB-UHAMKA yang telah sukses berkarir di berbagai industri dan profesi untuk bersedia  kembali ke kampus dengan menjadi mentor mahasiswa. Untuk tahap awal, yang  dijadikan pilot project adalah mahasiswa kelas unggul.  Melalui program kegiatan ini diharapkan  alumni dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan akademik dan non-akademik di almamaternya.

      Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh  keseimbangan pemahaman antara  teori yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan pratik nyata di dunia bisnis. Mentoring diberikan terutama  terhadap beberapa materi mata kuliah kunci kompetensi dan topik lain yang berkaitan langsung dengan praktik bisnis. Misalnya mata kuliah Business Plan dan Magang/Praktik Kewirausahaan. Dan, khusus bagi mahasiswa Program Studi Manajemen yang memilih kosentrasi Manajemen Bisnis & Kewirausahaan, sangat dianjurkan mengikuti tambahan kegiatan mentoring untuk mata kuliah konsentrasi.

      Di samping belajar bersama melalui kelompok studi, kita para mahasiswa juga sebaiknya mampu belajar secara mandiri melalui sumber-sumber pengetahuan yang terpercaya. Misalnya:

MHHE-logo-uhamka

screenshot-large-khan  ppe logo

photo

gb