Profil

UHAMKA Entrepreneurship Corner adalah pusat pengkajian, konsultasi, pelatihan dan kursus  di bidang Manajemen Bisnis & Kewirausahaan yang didirikan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (FEB-UHAMKA). Didirikan pada Maret 2014 dengan misi untuk memajukan pengajaran dan mengembangkan aktivitas kewirausahaan, penelitian, kerja sama serta penguatan komunitas/masyarakat.

Pada awalnya, UHAMKA Entrepreneurship Corner hanya dimaksudkan sebagai dukungan fasilitas pembelajaran bagi mahasiswa FEB-UHAMKA yang sedang mengambil mata kuliah Kewirausahaan & Koperasi, terutama bagi  mereka yang berencana mengambil konsentrasi Manajemen Bisnis & Kewirausahaan. Namun pada perkembangan berikutnya, pusat kajian kewirausahaan ini justru diharapkan menjadi respon kongkret atas kebijakan pimpinan universitas, bahwa seluruh mahasiswa UHAMKA, apa pun program studinya dan dari mana pun fakultasnya, harus diberi wawasan serta pengajaran kewirausahaan. “Pada saatnya nanti,”  sebagaimana menjadi harapan rektor, “para pengusaha muda Indonesia akan muncul dari kampus ini.” Singkatnya,  “ FEB-UHAMKA harus jadi pelopor,”  demikian pesan Rektor Prof Suyatno tahun lalu. Jika benar bahwa kelak harapan rektor tersebut dapat diwujudkan, maka UHAMKA Entrepreneurship Corner benar-benar bermakna keberadaannya.

UHAMKA Entrepreneurship Corner bertanggung  untuk merancang, mengorganisasikan,  dan menggerakkan sumber-sumber daya yang relevan bagi pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan komunitas/masyarakat. Oleh karena itu, melalui pusat kewirausahaan ini, mengingat bidang dan cakupan garapan kewirausahaan menyangkut berbagai aspek, maka langkah yang ditempuh adalah bukan sekedar menyiapkan tim pengajar, melainkan terutama adalah menyiapkan program, mentorship, dan fortofolio proyek kegiatan agar praktik kewirausahaan berjalan nyata. Ibarat orang belajar berenang, maka harus siap “nyemplung” mencebur basah di air.   

COURSES

Get Prepared
Tahap persiapan, pada tahap ini Anda dapat mengambil persiapan  sebagai calon pengusaha dari beberapa pilihan ini:  belajar sendiri, pelatihan singkat, kursus, atau kuliah. FEB-UHAMKA menyediakan semua pilihan tersebut. Dari tahap persiapan ini diharapkan: (1)  para peserta mampu menuangkan ide-idenya ke dalam perancangan bisnis (Businesss Plan); (2) mampu membuktikan rancangan bisnis tersebut ke dalam bentuk produk/jasa yang siap untuk dipamerkan. Jika kedua target ini tercapai, maka layak melanjutkan ke tahap berikutnya (Get Started).

Get Started
Tahap perintisan, pada tahap ini diharapkan Anda telah memiliki rancangan bisnis yang layak untuk didukung dalam pencarian sumber-sumber pendanaan. Anda akan menjalani tahapan antara lain: penggalian sumber pendanaan, inkubator bisnis (konsultasi, mentoring, praktik di Lab Bisnis & Manajemen, dan membangun networking).  

Grow
Tahap pertumbuhan, pada tahap ini diharapkan Anda telah memiliki pengalaman dalam merintis usaha/bisnis. Anda akan menjalani aktivitas kewirausahaan ini antara lain: penggalian berbagai alternatif sumber pendanaan untuk perluasan usaha, konsultasi, mengelola serta memperluas jaringan pasar, terlibat dalam aktivitas Lab Bisnis & Manajemen, dan memantapkan networking).  

Mentorship
Para mentor di Entrepreneurship Corner adalah sekelompok profesional yang diseleksi berdasarkan keahlian dan pengalaman praktik nyata mereka di dalam dunia bisnis. Pengalaman karir mereka sebagai pendiri, CEO, konsultan, manajer maupun  kepala teknis operasi akan mempermudah dan mempercepat proses inkubasi bisnis bagi siapa pun yang ingin sukses menjadi intrepreneur/pengusaha. Para mentor kami tidak hanya menjadi pendamping dalam perkara kerampilan teknis merintis bisnis, tetapi juga memberikan dukungan moral di dalam membentuk karakter para calon pemimpin bisnis maupun kewirausahaan berbasis masyarakat. Sebagian di antara para mentor kami di Entrepreneurship Corner, adalah juga para volunteer yang bersedia menyumbangkan waktunya sehingga diharapkan Anda dapat berhasil menjadi seorang pengusaha.

Untuk Siapa?
Entrepreneurship Corner terbuka untuk mahasiswa, alumni, dosen, staf, dan masyarakat luas  yang memiliki ide cemerlang serta berkeinginan kuat untuk mewujudkannya menjadi usaha/bisnis yang nyata dan menguntungkan.

CEO & Entrepreneurship Lecture Series

Entrepreneurship & Creative Indutries

Inspirasi Bisnis

Young Entrepreneur Forum

e-Resources

Kemitraan & CSR

Sponsorship