FEB UHAMKA Mengedukasi Masyarakat Kepulauan

Oleh: Lambang Wiji Imantoro

Editor: Lambang Wiji Imantoro

Dalam rangka memberdayakan kembali potensi ekonomi lokal maka diperlukan terobosan dalam memanfaatkan setiap kelebihan dan peluang untuk menciptakan kegiatan usaha.

Maka dari itu FEB UHAMKA kembali berkesempatan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), Minggu, 8 Maret 2020, yang bertempat di Kepulauan Seribu Selatan, tepatnya di Pulau Pari, yang mana kebanyakan mata pencaharian masyarakat sekitar merupakan nelayan dan nahkoda kapal penyebrangan antar pulau.

Pulau Pari di kepulauan Seribu dipandang sebagai salah satu potensi ekonomi lokal karena adanya potensi pariwisata yang bisa dijadikan potensi ekonomi disana. Pulau ini menyimpan keindahan keaneka ragaman hayati yang menawan yang dapat menggaet wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu, jumlah turis asing pada tahun 2017 sebesar 28.731 orang dan di tahun 2018 sebesar 28.963 kenaikan dari tahun 2017 hingga 2018 sebesar 2,3% kenaikan jumlah wisatawan mancanegara atau turis asing. Tentu sector pariwisata ini merupakan suatu potensi ekonomi yang cukup potensial terutama dimasa yang akan mendatang.

Namun sayangnya potensi pariwisata ini belum mendapatkan pengelolaan yang prima terutama dalam hal pemasaran dan pelayanan. Hal inilah yang mendorong FEB UHAMKA untuk melakukan sosialisasi serta pelatihan kepada para masyarakat sekitar mengenai pentingnya pemasaran dan juga pelayanan yang prima kepada para wisatawan dengan maksud agar masyarakat mengetahui serta dapat memaksimalkan pengelolaan potensi ekonomi yang ada ditempat mereka.

Kepulauan Seribu memiliki tiga jenis wisata yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang, antara lain : wisata pantai (pulau wisata umum) berjumlah 45 pulau, wisata cagar alam berjumlah 2 pulau, wisata sejarah berjumlah 4 pulau.

Selain itu sector pariwisata di Kepulauan Seribu mampu menyerap  tenaga kerja untuk warga sekitar.

FEB UHAMKA lebih menitik beratkan pada sosialisasi serta pelatihan mengenai pentingnya excellent service  atau pelayanan prima karena dirasa Kualitas pelayanan dalam hal yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas wisatawan di percaya akan mampu mendorong kemajuan pariwisata dengan baik.

Kagiatan sosialisasi dan pelatihan ini mengambil tema “Fungsi, Manfaat, Tujuan, Konsep Dasar, Serta Karakteristik dari Pelayanan Prima” dalam kegiatan ini

Dr. Sunarta, SE.,MM yang mana sekaligus menjabat sebagai Wakil Dekan II FEB UHAMKA berkesempatan untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan ini mendapat antusias yang besar dari masyarakat hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat sekitar yg berpartisipasi dalam kegiatan ini serta begitu antusiasnya masyarakat dalam mengikuti setiap rangkaian pelatihan yang dlaksanakan.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat