Mahasiswa FEB UHAMKA Adakan Sosialisasi Pengembangan UMKM dan Pelatihan Usaha Berbasis Online

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah PROF.DR. Hamka (FEB UHAMKA) pada tahun ini melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlokasi di Jasinga, Bogor, Jawa Barat. Mahasiswa PKM FEB UHAMKA Kelompok 50 dengan Dosen Pembimbing Ibu Amelia Zenita, SE.,MM. menyelenggarakan salah satu programnya yaitu Sosialisasi Pengembangan UMKM dan Pelatihan-Pelatihan Usaha Berbasis Online di Desa Neglasari Kecamatan Jasinga Bogor pada hari Selasa, 20 Agustus 2019. 

“KAMI HARUS BERKEMBANG DAN MELANGKAH MAJU MENUJU PEREKONOMIAN YANG SEJAHTERA”

Program pengabdian yang kami jalani ini merupakan suatu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang memiliki target bagi masyarakat yaitu memberikan pemahaman kepada para warga Kp. Cikopomayak dan Kp. Pondok Kelapa, Desa Neglasari akan pentingnya pengaruh kreativitas dan motivasi terhadap pengembangan UMKM. Kemudian warga/masyarakat akan mampu memahami seberapa pentingnya UMKM bagi perekonomian dan mampu menerapkan atau mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari, demi terciptanya kestabilan dan kemajuan usaha-usaha di Desa Neglasari serta yang terpenting dapat menciptakan suatu inovasi baru yang dapat bersaing di pasar ataupun memuculkan suatu ciri khas tersendiri dalam usaha yang akan mereka buat, ungkap keluarga PKM Kegiatan pengabdian ini didahului dengan persiapan pelaksanaan kegiatan yaitu pembuatan undangan penyebaran untuk para warga setempat sebagai mitra dan kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberi informasi tentang agenda kegiatan dan tujuan pelaksanaan kegiatan serta mencari kesepakatan tentang jadwal pelaksanaan dan materi yang akan disajikan. Setelah itu dilaksanakan sosialisasi/seminar/ workshop yang dihadiri masyarakat/warga setempat.

Solusi yang ditawarkan dalam seminar/workshop ini dengan menggunakan metode pendekatan pemberian informasi, penyuluhan dan workshop yang diselenggarakan yang kemudian dilanjutkan dengan program evaluasi.

Hasil dari kegiatan seminar/workshop ini ditujukan kepada warga Kp. Cikopomayak dan Kp. Pondok Kelapa, Desa Neglasari. Tempat pelaksanaan-nya di PAUD Durrotul Athfal. Kegiatan seminar/workshop ini memberikan pemahaman dan wawasan dalam proses pengaplikasian kepada peserta yang hadir. Adapun peserta yang hadir sebanyak kurang lebih tiga puluh peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan hari Selasa, 20 Agustus 2019 ini menggunakan metode presentasi menggunakan powerpoint dalam rangka memberikan informasi tentang pentingnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada para warga setempat, memberikan suatu contoh produk usaha dan menggunakan pendekatan brainstorming dimana materi disampaikan sesuai kebutuhan peserta, serta kami melaksanakan pelatihan usaha berbasis online. Adapun materi disampaikan oleh Iqlima Hanum, Panji Dwianto, Arif Rahmat Jazmi, Anbia Alsyahida, dan Julia Dwi Fitriani memberikan pemahaman mengenai pentingnya kreativitas dan motivasi usaha terhadap pengembangan UMKM masyarakat di Desa Neglasari. Dengan berbagai strategi pemaparan kami laksanakan agar warga dapat memahami dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari dan kami sebagai tim PKM akan selalu membantu mereka dalam melakukan usaha jenis apapun dan mendorong serta memberikan ide-ide berkemajuan demi tercapainya perekonomian yang makmur di Desa Neglasari dalam kurun waktu yang berkelanjutan.

Upaya dalam menerapkan kreativitas dan motivasi terhadap pengembangan UMKM harus secara rutin dilaksanakan baik oleh pendatang maupun oleh pemda setempat, dan sebaiknya dilaksanakannya dengan pelatihan-pelatihan, sehingga masyarakat/warga dapat lebih jelas melihat praktik secara langsung dan dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Upaya pengembangan UMKM harus didasari atas dasar kemauan bukan paksaan, dikarenakan suatu usaha yang dibuat dengan kemauan akan lebih berhasil ketimbang dengan paksaan, dimana dengan adanya kemauan pribadi mereka akan lebih puas, terbuka, dan dapat memaksimalkan sumber daya yang ada serta dapat memuculkan ide, ciri khas, keuntungan yang dapat mempengaruhi usaha-usaha masyarakat Desa Neglasari, Jasinga — Kabupaten Bogor.

Source: Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat