Hima Akuntansi

HIMA AKUNTANSI

Himpunan Mahasiswa Akuntansi atau yang lebih biasanya disebut HIMA Akuntansi, adalah sebuah organisasi kelembagaan guna menaungi Mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan. HIMA Akuntansi bergerak dan berprogres dalam bidang akademik untuk mahasiswa yang lebih unggul sesuai dengan visi misi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, yakni menghasilkan lulusan yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

HIMA Akuntansi juga merupakan wadah atau sarana bagi semua mahasiswa Program studi Akuntansi dan Perpajakan yang memiliki kemauan dan kemampuan berorganisasi untuk menyalurkan bakatnya serta menampung aspirasi mahasiswa sehingga terwujud idealism mahasiswa yang berlandaskan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan HIMA Akuntansi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan disiplin ilmu yang diajarkan di program studi Akuntansi dan Perpajakan, dan pembentukan jiwa kepemimpinan yang humanis, sosialis, dan religius. Diharapkan dari kegiatan – kegiatan tersebut mampu meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill mahasiswa.

VISI

“Terwujudnya Himpunan Mahasiswa yang Intelektual, Emosional, dan Sosial, dalam Rangka Mewujudkan Mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan yang Berkualitas dengan Berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.”

MISI

  1. Menjadikan mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan yang unggul baik secara akademik maupun kepribadian.
  2. Menjadikan HIMA Akuntansi sebagai wadah aspirasi dan membangun komunikasi antara mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan dengan alumni.
  3. Menjadikan mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan yang kompeten dan terampil dalam bidang software akuntansi.

BIDANG-BIDANG

  1. Bidang Organisasi

Tugas dan fungsi dari bidang organisasi adalah mengawal dan mengawasi tertib jalannya organisasi, ikut berkontribusi dalam setiap program kerja yang ditetapkan, menjaga keutuhan HIMA Akuntansi. Serta melakukan konsolidasi antar lembaga eksekutif dalam menata terciptanya stabilitas organisasi.

  1. Bidang Pengkaderan

Tugas dan fungsi dari bidang pengkaderan adalah menciptakan kader yang unggul dan berkarakter khususnya mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan. Serta sebagai wadah dalam proses penanaman ideologi untuk calon penerus kepengurusan organisasi HIMA Akuntansi kedepannya.

  1. Bidang Keilmuan

Tugas dan fungsi dari bidang keilmuan adalah sebagai wadah terciptanya mahasiswa yang berintelektual dan berwawasan luas dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi dalam menuangkan pendapat. Serta meningkatkan kualitas akademik bagi pengurus Himpunan Mahasiswa maupun mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan.

  1. Bidang Kominfo

Tugas dan fungsi dari bidang kominfo adalah sebagai wadah dan tempat untuk menjalin komuniksi dan menyebarluaskan informasi penting melalui media informasi dan komunikasi kea rah ruang lingkup eksternal maupun internal, sehingga mampu menciptakan hubungan baik antara mahasiswa khususnya Akuntansi dan Perpajakan FEB UHAMKA dengan HIMA Akuntansi.

Arahan Kerja Bidang

  1. Bidang Organisasi

  • Mengawal dan mengawasi tertib jalannya organisasi dan melakukan konsolidasi antar lembaga eksekutif dalam menata terciptanya stabilitas organisasi supaya tidak terjadi konfrontasi yang dapat merusak keharmonisan kekeluargaan.
  • Turut serta membantu Badan Pengurus Harian dalam mengontrol dan menjaga keutuhan kepengurusan dari awal periode sampai akhir periode, serta ikut berkontribusi dalam setiap program kerja.
  • Menjalin hubungan baik antar pengurus dan mahasiswa dan meningkatkan fungsi pengawasan partisipasi bagi mahasiswa FEB UHAMKA dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.
  1. Bidang Pengkaderan

  • Memberikan pembekalan serta pelatihan guna menciptakan kader yang berintelektual dan kompeten serta berkualitas.
  • Menjadikan mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan sebagai aktivis dan pemimpin yang solidaritas, loyalitas, kredibilitas, dan totalitas.
  • Mampu menjaga kader-kader terbaik yang akan melanjutkan tonggak estafet kepemimpinan selanjutnya agar tercipta kepemimpinan yang dapat meluruskan hal-hal yang kurang dalam kepengurusan periode-periode sebelumnya.
  1. Bidang Keilmuan

  • Menggali dan meningkatkan potensi akademik mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan.
  • Mendorong terciptanya mahasiswa yang berintelektual, memberikan wadah untuk mahasiswa berkreatifitas dan menuangkan ide-idenya.
  • Mengembangkan softskill (software akuntansi) bagi mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan.
  1. Bidang Kominfo

  • Membantu dan mempermudah HIMA Akuntansi untuk mendapatkan informasi-informasi baik dari internal maupun eksternal serta memperluas wawasan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa Akuntansi dan Perpajakan.
  • Membuat nama besar HIMA Akuntansi menjadi lebih eksis dan dikenal di kalangan bebas sehingga dapat terjalin banyak relasi.
  • Menjalin hubungan dan silaturahmi dengan instansi-instansi organisasi dilingkungan eksternal maupun internal FEB KM UHAMKA.
WhatsApp chat