Selasa, 23 Agustus 2022 yang bertempat di Griya Ridha Baping telah terlaksananya kegiatan Seminar Pelatihan Kepada Masyarakat yang membahas mengenai pemasaran produk di era digital dengan tema “Membangun Ekonomi Kreatif untuk Mencapai Ekonomi yang Berkemajuan”.
Tepat pada pukul 09.00 acara dibuka oleh Immawati Putri Eka dan Immawati Julaeha selaku MC Formal. Dilanjut dengan pembacaan kalam ilahi yang dilantunkan oleh Immawan Hamdi Askar dan Immawati Siti Safitri. Kemudian, MC Formal memandu peserta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah.
Selain peserta, acara ini dihadiri oleh para tamu undangan yang memberikan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Immawan Iqbal Aldiaz selaku ketua pelaksana. Ia melaporkan bahwasanya peserta yang hadir sebanyak 28 orang yang merupakan Ibu-ibu PKK dan Dawis dari Rw. 007, dan ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yakni pada tanggal 23-24 Agustus 2022. Dilanjutkan oleh Immawati Aisyah Baharsyah selaku perwakilan pengurus PK IMM FEB UHAMKA, yang dalam sambutannya ia menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam seminar ini, dan tak lupa pula ia menyemangati para kader untuk senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan. Sambutan ketiga disampaikan oleh Pak Nanang Kurnia selaku Ketua RW. 007, dalam sambutannya beliau memotivasi warga agar dapat memanfaatkan digital marketing sebaik mungkin. Selanjutnya, sambutan terakhir sekaligus peresmian acara oleh Muhammad Asep Rizkiawan S.T selaku Kepala Bidang Organisasi PC IMM Jakarta Timur. Beliau menyampaikan bahwa sekiranya tema yang kita angkat ini merupakan suatu hal yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat disini. Dengan demikian, tepatnya pada pukul 09.35 acara resmi dibuka dan para tamu undangan dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan.
Immawati Anggi Liya dan Immawati Syifa Intania selaku Mc Non Formal mengambil alih acara sebelum sesi penyampaian materi berlangsung, yang akan dipandu oleh Immawati Siti Harmawati sebagai moderator pada sesi ini.
Materi pertama membahas mengenai “Bisnis Usaha Makanan Ringan Menghasilkan Cuan”. Materi ini disampaikan oleh Immawati Lailatul Salamah dan Immawati Mudmaina yang merupakan Kader PK IMM FEB UHAMKA 2022. Adapun poin yang dapat digarisbawahi dari materi yang telah dipaparkan ialah ketika hendak berjualan perlu adanya modifikasi guna mengurangi kecacatan pada produk yang akan dipasarkan, dengan tujuan agar produk yang kita buat memiliki cita rasa yang khas.
Setelah pemaparan materi berlangsung, moderator membuka sesi tanya jawab. Salah satu dari peserta bertanya “mengapa kalian memilih makaroni dan basreng sebagai produk yang akan dipasarkan?”. Immawati Mudmaina sebagai pemateri menjawab pertanyaan tersebut, ia menjelaskan alasan memilih makaroni dan basreng sebagai produk yang akan dipasarkan ialah, karena target pasar yang luas dan cocok untuk berbagai kalangan serta memiliki ketahanan produk dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu ± 2 bulan (tergantung penyimpanan).
“Warga disini tuh neng, rata-rata yaaaa kurang lebih cuma 10% doang yang jualannya ngebuat sendiri” ujar salah satu peserta disela sesi tanya jawab.
“kita tuh maunya, neng ngebuat bumbu yang ga bikin batuk gitu misalkan, terus juga yang asin jangan terlalu asin banget neng, apalagi buat kita yang udah tua, ini tuh jadi bikin sakit kepala. Jadi bisa tuh fokusnya lebih ke cara buat rasa yang ga bikin batuk tapi rasanya tetep terjaga” tambah saran dari salah satu peserta lainnya.
Kesimpulannya adalah makaroni dan basreng merupakan salah satu produk yang mudah untuk dipasarkan karena target pasar yang luas yaitu untuk berbagai kalangan, serta dalam penjualan sebuah label sangatlah penting karena label inilah yang akan menjadi identitas produk kita sendiri.
Sebelum ditutupnya sesi acara pada hari ini panitia mengadakan permainan untuk mendapatkan 3 orang pemenang yang akan diberikan hadiah sebagai kenang-kenangan. Dan ditutup dengan sesi foto Bersama.