Minggu, 6/2, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat internasional. Kegiatan ini terselenggara berkat Kerjasama antara Uhamka dengan Himpunan Penata Laksana Rumah Tangga Indonesia Singapura (HPLRTIS). Pada kegiatan ini sekaligus diadakan penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama (Memorandum of Agreement) dan launching komunitas binaan internasional. Pengadian ini merupakan program jangka panjang yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan lanjutan.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 51 orang. Mereka adalah para tenaga kerja Wanita (TKW) asal Indonesia yang bekerja di Singapura, dan ada juga beberapa diantaranya yang bekerja di Hongkong. Mereka mengikuti semua rangkaian acara secara online malalui zoom meeting.

Hadir memberi sambutan pada kegiatan ini Tantri Darmastuti, Staf Teknis Tenaga Kerja Singapura, Tuti Ratnasaih, Ketua HPLRTIS, para pengurus HPLRTIS, Dr. Zulpahmi, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka (FEB Uhamka), Anisia Kumala, LC., M.Psi., Dekan Psikologi Uhamka, dan beberapa tamu undangan dari Kedutaan Indonesia di Singapura. Acara secara resmi dibuka oleh Rektor Uhamka, Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum.

“Kegiatan ini merupakan trobosan yang sangat strategis. Umumnya kegiatan pengabdian diselenggarakan pada level nasional. Tapi kali ini levelnya internasional. Saya berharap kegiatan semacam ini terus diperkuat dan dikembangkan,” tutur Suryoputro dalam sambutannya sebelum membuka acara.

Pengabdian masyarakat ini mengambil tema,”Edukasi Spiritual, Psikologis, dan Kewirausahaan Sosial bagi Pekerja Migran Indonesia di Singapura”. Bertindak sebagai narasumber pada acara ini tiga dosen Uhamka, Dr. Tohirin, S.H.I., M.Pd.I., Dewi Puji Rahayu, S.E., M.Si., keduanya merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka, dan Puti Archianti Widiasih, S.Psi., M.Psi., dosen Fakultas Psikologi Uhamka.

Masing-masing narasumber menyampaikan materi yang berbeda-beda sesuai dengan disiplin keilmuan dan keahlian masing-masing. Tohirin menyampaikan materi tentang pembinaan spiritual, Widiasih menyampaikan materi psikologi dan Rahayu menyampaikan materi pembinaan kewirausahaan.

Materi yang disampaikan pada sesi ini baru merupakan materi dasar yang merupakan pengantar. Selanjutnya akan diberikan materi lanjutan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini dan realisasi dari program komunitas binaan. Ratnasih, Ketua HPLRTIS, secara khusus mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih pada Uhamka karena telah peduli untuk membina warga Indonesia yang berada di Singapura.[]

 

 

 

Tinggalkan Balasan